Kamis, 19 November 2009

Era Kreatifitas

Perkembangan peradaban dunia berlangsung secara bertahap

Era batu ditandai dengan kemajuan akan komunikasi dan pertukaran peradaban antarumat manusia yang berjalan sangat lambat,mungkin karena belum adanya bahasa yang baku sebagai alat untuk berkomunikasi.Pola hidup dan makan yang nomaden.

Era pertanian ditandai dengan adanya bentuk ekonomi yang berbasis pertanian, tidak lagi nomaden walaupun berjalan lambat, di era ini sudah terdapat komunikasi dan cara hidup yang jauh lebih efektif,begitu juga ilmu pengetahuan dan teknologi mulai bermunculan.

Era industri, era ini berlangsung segera setelah ditemukannya mesin uap, kompilasi pengetahuan dan kecerdasan di era pertanian segera dilaksanakan sehingga menghasilkan kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang kehidupan manusia, komunikasi antarmanusia di era ini sungguh efisien dibandingkan dengan ere-era sebelumnya.

Era informasi, pada era ini terjadi kemajuan yang sangat cepat di bidang informasi bahkan sempat terdapat jargon “siapa yang menguasai informasi,dia yang menang”,bidang teknologi terutama OSS(open Source Systems) dan masih banyak lagi aspek kehidupan manusia lainnya.Berikut adalah tabel perbandingan era industri dan era informasi oleh Robert T. Kiyosaki dalam bukunya "Rich Kid Smart Kid"

No. Era Industri Era Informasi

1. Keamanan dan masa kerja Agen bebas, perusahaan virtual

2. Senioritas Dibayar karena hasil

3. Satu pekerjaan Banyak profesi

4. Bekerja sampai umur 65 Pensiun dini

5. Bekerja sesuai jam kantor Bekerja bila tertarik bekerja

6. Sekolah (formal) Seminar

7. Titel dan surat kepercayaan Bakat

8. Pengetahuan lama Gagasan-gagasan baru

9. Rencana pensiun perusahaan Portofolio

10. Rencana pensiun pemerintah Tidak membutuhkan

11. Rencana medis pemerintah Tidak membutuhkan

12. Bekerja di perusahaan Bekerja di rumah

Era kreativitas

Jargon “who has the information will conquer the world” rupanya sudah mulai di tinggalkan, mengapa demikian?

• Trend masyarakat dunia yang semakin terbuka akan OSS(Open Source Systems),berbagai ilmu pengetahuan dan informasi menarik lainnya telah dapat diakses dengan mudah melalui jejaring dunia atau yang lebih dikenal sebagai Internet (atau ada juga yang menyebutnya www/world wide web) sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan cara ini untuk meningkatkan kemampuan mereka.

• Berkaitan dengan poin diatas, mendukung terbukanya cara beroperasi para investor atau dengan kata lain dominasi sumber daya dunia oleh blok tertentu akan menipis.

• Teknologi yang terus dikembangkan untuk mempermudah pertukaran data.contohnya hp yang memiliki akses ke internet ataupun lokasi(Google map).ini tentunya menciptakan keterbukaan dan keseimbangan informasi dan bisa digarisbawahi bahwa semakin tipis hambatan untuk mendapatkan informasi.

Di era kreatifitas ini manusia hanya bermodalkan ‘knowladge’ , ini terbukti dengan adanya berbagai perusahaan yang menjadikan ‘kreativitas’ sebagai basis pengembangan sekaligus sebagai strategi mencapai tuan.Era kreatifitas ini didukung oleh proses pembangunan yang sensitif terhadap perubahan tuntutan masyarakat,contoh yang paling dapat dirasakan adalah produk hp yang dapat dikatakan hampir tiap bulan mengeluarkan type baru dengan berbagai tambahan dan variasi fitur yang ditawarkan.Contoh produk hp ini juga menunjukkan keseriusan perusahaan-perusahaan pemproduksi hp dalam meningkatkan strategi expansinya kearah diversifikasi produk.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif tengah berlangsung dibeberapa sektor dan belahan dunia ini.Mengingat siklus waktu ekonomi kretif ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang relatif pendek atau dalam waktu panjang maka dapat dipahami bahwa era ekonomi kretif ini memerlukan manusia yang memiliki kerangka berfikir metaphorical untuk menangani jenis industri yang melibatkan aspek siklus waktu dan produk (yg acceptable) bagi masyarakat.


About techno....coming up!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar