Jumat, 18 Desember 2009

Pesaing facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang mendunia akhir-akhir ini, berbagai fitur menarik dan canggih membuat facebook lebih dipilih oleh (terutama) pengguna internet dari pada friendster.Mungkin kesuksesan inilah yang kemudian mengilhami orang-orang maupun beberapa vendor software untuk meniru atau bahkan menantang keberhasilan facebook.

OKEYCALL merupakan jejaring sosial karya anak bangsa asal Tangerang, Banten.Dibangun dengan kekuatan bandwidth sebesar 3 GB dan lokasi server di Colorado, Amerika Serikat . Okeycall.com ini diluncurkan di Ruku Golden Boulevarad, BSD City, Serpong, Rabu (18/11/2009). Jejaring sosial ini memiliki tampilan yang hampir sama seperti halnya Facebook, namun memberikan layanan lebih seperti live video chat dengan gambar yang utuh., Free SMS, conference chat, blog , masyarakat tidak harus mendown load aplikasi untuk bisa menggunakan layanan di Okeycall. Fasilitas lainnya adalah, dengan mail server dengan alamat http://mail.okeycall.com secara gratis. Okeycall.com tidak menyediakan fitur games karena jejaring sosial ini berorientasi pada pendidikan masyarakat. (Tubagus Herman Hermawan, pengembang sistem Okeycall dan Direktur teknik dan operasional Okeycall Indonesia).

Satu lagi jejaring sosial SOENDA STREET, jejaring ini sangat mirip dengan facebook. Mulai dari halaman home yang menampilkan aktifitas update member lainnya, halaman wall yang menampilkan segala aktifitas user, halaman pesan yang memuat send dan reply beserta fitur yang melengkapinya, fitur chat, bahkan untuk warna web dan tata letak web serta halaman login yang digunakan di Soenda street ini sangatlah mirip dengan facebook. Jika boleh berargumen soenda street lebih tampak sebagai hasil copy paste dari facebook tapi penggunaan bahasa inggrisnya agak kacau. Yang perlu digaris bawahi yakni TIDAK JELAS hasil karya siapakah jejaring sosial ini, tapi yang jelas situs ini tersimpan di server Indonesia. Namun akhir-akhir ini soenda street sangat sulit untuk di akses, apakah situs ini dalam serangan hacker ? (situs resmi : www.soendastreet.com)

GOOGLE WAVE sebenarnya bukanlah pesaing facebook ataupun twitter. Keberadaannya lebih sebagai alat yang digunakan untuk berkolaborasi dalam menyebarkan informasi, dapat berupa teks, gambar, apapun. Sudah ada beberapa bot yang dibuat untuk Google Wave, di antaranya mengirim update status ke Twitter, ataupun menampilkan listing suatu item dari Amazon. Jejaring sosial ini dibuat oleh Tim inti dari development Google Maps ( tim Google dari Australia), yakni Jens dan Lars Rasmussen, serta Stephanie Hannon. Jejaring sosial ini secara umum bisa dikatakan gabungan antara email dan instant messege yang bersifat sangat real time. Pengguna bisa mengirim, membalas,dan memberi komentar terhadap pesan yang dikirim secara real time. Anda bisa melihat teman Anda menulis sesuatu huruf per huruf (ingat, bukan per kata atau per kalimat, Fajar Bagus), bahkan jika iseng bisa langsung mengedit tulisan tersebut saat teman Anda belum selesai menulis kalimatnya. Satu wave memiliki pengertian satu ‘coversation’ dengan teman anda (unlimited contacs, tapi untuk sekarang ini dalam masa percobaan dibatasi cuma 8 contacts per undangan, Fajar Bagus).tampilannya mirip pada command status di facebook, orientasinya lebih kepada ‘menikmati fitur intern(misalnya chatting) maupun ekstern situs(misalnya informasi tentang produk eBay dan Amazon)’ dalam satu interface,jadi pengguna (lebih tepatnya browser pengguna) tidak repot-repot membuka banyak halaman. Pengguna juga dapat melakukan drag and drop berbagai jenis dokumen dari desktop ke browser. selain itu, google wave juga terhubung dengan google maps. (situs resmi : http://wave.google.com/)

NETLOG adalah online platform dimana semua orang dapat merawat dan mengembangkan jaringan sosial mereka. Sosial portal yang online, ditujukan untuk anak-anak muda di Eropa. Netlog dikembangkan oleh Netlog NV, berpusat di Gent, Belgia. Lebih dari 55 juta anggota tersebar dalam 20 bahasa yang menggunakan Netlog, dan bertambah setiap harinya.Di Netlog kamu dapat membuat halaman profil dengan blog, foto, video, acara dan masih banyak lagi yang dapat kamu lakukan bersama teman-teman. Hal ini merupakan suatu alat bagi anak-anak muda untuk selalu mengikuti perkembangan mereka di hubungan sosial. Netlog NV menemukan teknologi lokalisasi yang unik sehingga semua yang Netlog kembangkan ditujukan untuk setiap regio, sesuai dengan profil dan umur masing-masing. (sumber : http://id.netlog.com/cillevanddzagoev)

MICROSOFT VINE merupakan produk raksasa software microsoft yang dirancang untuk layanan pesan berorientasi layaknya situs jejaring sosial. Tool ini lebih bersifat gabungan antara RSS feed reader, status update system(seperti di Twitter) dan messaging(facebook). Widget Vine berada di desktop dan menunjukkan peta (berarti dapat dipahami berdasarkan lokasi, sistem update status,serta messaging) komunitas, berita, alert serta status teman dan keluarga yang terhubung. Vine memiliki kelebihan bisa berbagi informasi dalam keadaan darurat. Menurut Microsoft , peringatan tersebut dapat dikirim sebagai email, pesan teks atau format lainnya, termasuk melalui situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. (situs resmi : http://www.vine.net/)

Dikaji dari kabarit.com, berita-tekno.blogspot.com, www.kaskus.us, www.lintasberita.com, dan banyak lagi situs-situs yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar