Senin, 23 Mei 2011

Batik Indonesia : 4B's : BRAIN . BEAUTY . BEHAVIOUR . BLESSED .

Selama dua ratus tujuhpuluh tahun batik dikenal di Belanda. Batik di Belanda awal mulanya dibawa oleh pedagang Belanda dari jawa pada pertengahan abad ke 17. Diterima secara antusias oleh penduduk Belanda setelah mengalami kegagalan penjualan sebanyak 2000 kain batik. (nhah lhoh semangat juga nieh pedagangnya, xixixiii).

Batik Belanda ini awal mulanya diprakarsai oleh Gubernur Sir Thomas Stamford Raffles yang tertarik untuk menggunakan motif batik sebagai motif cetak pada kain. Sehingga ketika sesampainya di Indonesia beliau yang juga penggagas Kebun Raya Bogor ini mengirim kain-kain batik ke Inggris untuk dilakukan proses percetakan secara massal. Dan di Belanda sendiri terdapat beberapa perusahaan industri batik seperti Oosterom, Metzelaar, dan Franquemont.

dari tadi baca "batik Belanda" mlulu, kenapa sih dikasih nama batik Belanda? ternyata eh ternyata ditemukan motif atau corak batik Little Red Riding Hood yang merupakan suatu cerita dongeng yang berkembang di Eropa, antara tahun 1840-1940 di sekitar daerah pesisir (Pekalongan). Suatu motif batik yang memberi pengaruh motif batik pada Indonesia selanjutnya. Yang kemudian disebut sebagai Batik Belanda. mau tau gak motifnya seperti apa? nih ada nih gambarnya :
Jadi, Bukan batik dari Belanda lho ya. Batik-batik itu dibuat di Pekalongan oleh nyonya-nyonya Belanda yang tinggal di Pekalongan dan sekitarnya. Iklim tropis di Indonesia membuat para nyonya itu tidak betah berpakaian ala Eropa selama mereka tinggal di sini. Ya iyalah, masa’ mau dibela-belain kepanasan pake baju tebal berenda-renda demi gaya ? Yang ada malah mati gaya …

Jadi mereka berpakaian seperti penduduk setempat. Pakai kain batik dan kebaya.Kain batik sebagai bahan untuk rok, bukan tapih atau jarik seperti yang dilakukan Wanita Pribumi. *ga kebayang kalau wanita masa kolonial pakai tapih, Wah, wah… kreatip bener ini bule-bule Belanda, tapi itu dulu lain lagi sekarang kita jauh lebih kratif untuk masalah batik : http://cahputribelajar.blogspot.com/2011/05/batik-hasil-hibrida-matematika-dan.html*. Enak. Adem. Lebih nyaman daripada pakai gaun-gaun panjang menggelembung yang mereka bawa dari Eropa. Tapi mereka tetap membawa ciri Eropanya. Mereka membuat batik dengan ornamen Eropa atau cerita-cerita dari sana. Maka jadilah batik gambar pesawat, serdadu kumpeni, kapal laut, batik gambar putri-putri yang diadop dari cerita Si Tudung Merah, Hansel & Gretel, dan Cinderella.

mau baca lengkapnya gak ? di buku ini nih katanya, aku sih cuman diceritai doang, kagak punya bukunya juga :(, tapi menarik tu kayaknya buku. Buku ini menceritakan pengaruh Belanda pada batik di Jawa (terutama di Pekalongan), beserta sejarah dan cerita-ceritanya. Kisah mengenai para pengusaha batik Belanda di Pekalongan, Ny. B. Fisher, Ny. S.W. Ferns, Ny. R. Scharff van Dop, Nona J. Toorop, Ny. Dunhuyzen, Ny. C.H. Meyer, Ny. J.A. de Witt, Ny. A.J.F. Jans, dan Nona A. Wollweber. Ada foto-fotonya juga. Foto para pengusaha batik tersebut beserta karyanya.

Mengenai pewarnaan yang dilakukan terhadap kain batik, awalnya mereka menggunakan pewarna alami seperti yang dilakukan penduduk pribumi kala itu. Namun, karena tuntutan produksi akhirnya pengusaha Batik Belanda menggunakan pewarna sintetis.

Motif batik belanda jangan dibayangkan seperti motif batik yang kita temukan di pasaran, namun motif batik Belanda ini lebih kepada nuansa Eropa. Bahkan ada batik yang bercorak cerita Si Kopiah Merah (Dongeng-dongeng yang beredar di Eropa kala itu), Snow White, Hanzel and Gretel. Selain itu ada juga tema batik seperti Batik Sirkus, Batik Kapal Api dan Batik Wayang.
 

Kesamaan antara motif batik Belanda dengan motif batik Indonesia adalah
  • pola pengisi pada batik Belanda cenderung sama dengan batik Jawa yang lain
  • ISen-isen pada batik Belanda sama persis dengan batik Jawa, karena pemilik tidak memberikan isen pada patron pola yang mereka buat sehingga para pembatik memeberikan isen sesuai dengan isen yang biasa mereka buat untuk batik.
Sedangkan yang membedakan antara batik Indonesia dengan Batik belanda adalah ukuran batik BElanda lebih lebar dari 110 cm. Kualitas kainnya pun lebih bagus karena merupakan kain impor dari India. Ragam hias batiknya lebih kepada dongeng dan tema-teman tertentu yang lebih “ngEropani” (red. mencerminkan Eropa).Fungsinya pun sebagai fesyen , sedang bagi wanita pribumi sekedar bahan sandhang.
Meskipun bangsa Cina lebih dahulu ke Indonesia sebagai pedagang di Pantai Utara, namun pengaruh luar yang timbul lebih awal pada perkembangan batik ini adalah pengaruh dari Eropa/Belanda. Batik-batik Belanda mulai merebak pada tahun 1840, sedangkan Batik Cina mulai dibuat beberapa dekade setelahnya. Orang-orang Belanda/Eropa yang berdatangan di Pantai Utara mulai terlibat pada usaha batik pada pertengahan abad ke XIX dengan usaha batik dan menghasilkan batik-batik yang memberikan sumbangan besar pada khasanah batik di Indonesia. Masing-masing pribadi disamping kesamaan yang khas Eopa/Belanda pada batik-batiknya yaitu warna-warna dan ragam motifnya, juga mempunyai perbedaan tema motifnya. Batik Belanda mencapai puncaknya antara tahun 1890-1910.
sumber :

2 komentar:

  1. wah ternyata batik indonesia gak kalah uniknya ya
    terimakasih ini sangat membantu kta semua

    BalasHapus
  2. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/mana-lebih-penting-kecantikan-fisik.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/kisah-pria-dengan-kanker-penis-ini.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/insiden-tembalkan-dan-ledakan-terjadi.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus